Home / Berita / Institut Al-Ma’arif Way Kanan adakan Kegiatan Benchmarking ke LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Institut Al-Ma’arif Way Kanan adakan Kegiatan Benchmarking ke LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Baradatu- Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, Lembaga Penjaminan Mutu Institut Al-Ma’arif Way kanan melaksanakan eksternal benchmarking di LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan indikator kinerja utama (IKU) dan indikator kinerja tambahan (IKT) standar perguruan tinggi dengan standar nasional perguruan tinggi (SNPT), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), serta lembaga akreditasi internasional FIBAA dan AUN-QA. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari tanggal 25 – 28 September 2023. Selama empat hari intensif, kedua lembaga tersebut mempertimbangkan berbagai aspek penting dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi, termasuk standar nasional perguruan tinggi (SNPT), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM), serta dua lembaga akreditasi internasional, yaitu FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) dan AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance). Salah satu sorotan utama dari kegiatan ini adalah upaya untuk menyelaraskan IKU dan IKT antara kedua lembaga, memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di wilayah mereka masing-masing. Hasil benchmarking ini diharapkan dapat membantu perguruan tinggi untuk lebih efektif memenuhi tuntutan mutu yang semakin meningkat dalam konteks Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023.

Proses benchmarking ini menghasilkan banyak temuan berharga dan rekomendasi strategis. Beberapa langkah konkrit akan diambil untuk mengimplementasikan perubahan yang diperlukan dalam mengukur kinerja mahasiswa, efisiensi sumber daya, dan aspek penting lainnya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Ketua LPM Institut Al-Ma’arif Way Kanan Andriansyah, SE, MM  menyatakan, “Kegiatan benchmarking ini adalah langkah besar dalam memastikan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia sesuai dengan standar internasional, dan kami berkomitmen untuk menjalankan rekomendasi yang dihasilkan.”
Dengan berjalannya kegiatan benchmarking ini, harapan untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia semakin kuat khususnya di lingkungan Institut Al-ma’arif Way Kanan. Kedua lembaga ini telah menetapkan dasar yang solid untuk kolaborasi lebih lanjut dan pertukaran pengetahuan dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya, yang pada akhirnya akan mendukung perkembangan pendidikan tinggi yang berkualitas di seluruh negeri. (Humas)

About admin

Check Also

Dosen ILMAWA Ikuti Peningkatan Kompetensi Dosen

Baradatu – Sebanyak empat dosen Institut Al-ma’arif Way Kanan (ILMAWA) mengikuti Short Course Peningkatan Kompetensi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *